Gila. Hampir dua tahun sudah gue berstatus anak SMA. Desember nanti gue harusnya udah tau bakal kuliah dimana. Minimal udah ada pilihan gitu lah.
Masalah pertama gue muncul saat ortu gue dengan santainya bilang kalau dana untuk kuliah gue masih nol. Nihil. Hahaha…. kode gue harus belajar supaya dapat beasiswa gitu. Ngarep banget yah. Gue yang cuek nilai ini bisa kuliah gratis. Ckckck…. Prinsip gue adalah “lulus ranking itu bagus, tapi apa rata-rata nilai sembilan bisa mengamankan masa depan?” dan jawabannya jelas banget NGGAK!
Masalah kedua: jarak. Mahasiswa dan anak kos itu tuh bagai amplop dan perangko. Ortu kirim anak kuliah ke tempat jauh (amplop) harus bayar ongkos melalui perangko (kos) kan? Nah… nyokap dan bokap gue ga kasih gue ngekos. Dengan alasan yang sebenarnya bisa diterima akal sehat (gabisa jaga diri, sembrono, blablabla….)  tapi bukan berarti kos itu bukan pilihan buat gue juga. Lagipula gue rasa ortu gue belom menyadari kekuatan kepepet. Saat manusia tak lagi memiliki pilihan selain ber
tahanhidup  ngekos, orang itu akan secara otomatis mengeluarkan kekuatan
supranatural yang dia miliki untuk tetap survive. Oke, mungkin isu terbesar adalah pergaulan dan/atau keamanan. Bukan duit ya, soalnya bensin mahal, dan boros waktu, malahan bisa rugi lebih banyak. Tapi kalau emang itu, kan gue bisa cari kuliah yang ada dormnya. Dan jarak tempat tinggal gue dengan kuliah otomatis memendek. ;)
Masalah ketiga dan yang paling pelik pula: GUE BAHKAN GATAU MAU KULIAH DIMANA!Jurusan pilihan? Ada. Bahkan konsentrasi pun gue udah tau mau kemana. Tapi… dengan terbatasnya dana + transportasi + waktu + ketiadaan izin ngekos/dorm, bisa-bisa gue malah ga kuliah. Atau gue ambil gap year. Jadi selama setahun gue libur dari sekolah dan belajar di kelas. Tapi biasanya gap year itu bagi mereka yang mampu “buang umur” atau mau magang atauclueless gatau mau kuliah jurusan apa jadi istirahat daripada salah pilih jurusan karena maksa. Dan gue sudah tau mau ambil jurusan apa, takut gabisa adaptasi lagi kalau udah setahun santai, dan clueless mau magang apa.
Yah, semoga Tuhan menunjukkan jalan yang harus gue pilih, deh. Sejauh ini hidup santai oke-oke aja buat gue. Yang penting gue ada segudang rencana cadangan, hahaha ~
